Kulirner, Budaya dan Ciri Khas Provinsi Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan



Kalimantan selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Provinsi Kalimantan Selatan memiliki luas 37.530,52 km dengan populasi hampir 3,7 jiwa

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Kalimantan_Selatan



Kuliner Khas Kalimantan Selatan

Masakan khas Banjar mempunyai banyak sekali jenisnya, belum lagi yang terdapat di anak suku seperti anak suku Banjar yang berasal dari Alabio, Amuntai, Tanjung, Paringin. Negara, Kandangan, Rantau, Martapura dan daerah lainnya men.


Seingat saya yaa men, masakan Banjar, antara lain yaitu laksa, lontong, katupat kandangan, masak habang, iwak bapais, saluang basanga, gangan waluh dan masih banyak lagi men.




Ketupat Kandangan



Nasi Kuning Banjar



Pepes Patin



Gangan Waluh



Laksa


Saluang Basanga


Budaya yang ada di Kalimantan Selatan

Budaya dan tradisi orang Banjar adalah hasil asimilasi selama berabad-abad. Budaya tersebut dipengaruhi oleh kepercayaan Islam yang dibawa oleh pedagang Arab dan Persia.
Budaya Banjar dapat dilihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Banjar khususnya dalam bentuk kesenian, tarian, musik, pakaian, permainan dan upacara tradisional.
Adat istiadat Banjar yang melekat dengan kehidupan sosial warga masyarakat yang bercirikan Islam terus terjaga dan dipertahankan, nampak dari aktivitas kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini dapat juga disaksikan melalui berbagai pentas kesenian Banjar yang sering ditampilkan dalam acara-acara resmi, seperti tari-tarian dan lagu Banjar. Demikian pula upacara adat khas Banjar yang biasanya dilaksanakan dalam rangka perkawinan, kelahiran, ataupun peringatan terhadap peristiwa penting lainnya.

Bepantun khas Banjar, Madihin



Maayun Anak



Musik Panting




Upacara Mearak Penganten

Ciri Khas Kalimantan Selatan 

Rumah Adat Banjar

Ciri khas yang terkenal di Kalimantan Selatan adalah Rumah Bubungan Tinggi yang merupakan rumah tradisional suku Banjar dan menjadi maskot rumah adat khas provinsi Kalimantan Selatan.



Pasar Terapung

Pasar Terapung adalah sebutan untuk sarana jual beli yang terletak di atas perairan, misalnya sungai atau danau. Para penjual dan pembeli masing-masing berada di atas perahu-perahu (jukung/klotok).



Bakantan

Bekantan (Nasalis Larvatus) adalah sejenis monyet yang memiliki hidung panjang dan besar dengan rambut berwarna  coklat kemerahan dan merupakan salah satu dari spesies dalam genus tunggal monyet Naslis. Primata hidung panjang ini merupakan binatang endemik pulau Kalimantan, sabah, Serawak dan Brunai. Penduduk Borneo (Kalimantan) menyebut nya monyet Belanda, pika, nahara bentangan, raseng dan kahau. Saat ini patung bekantan dibangun di pinggir siring Kota Banjarmasin.
Oldest